Berita Aplikasi

Tempatnya informasi aplikasi android dan ios terbaru dan terhangat

Cara unroot ponsel Android atau tablet

Cara unroot ponsel Android atau tablet

Rooting ponsel Anda mungkin membuka potensi sebenarnya ponsel anda, dan ini merupakan kelebihan dari Android, tapi tidak untuk semua orang. Me-root ponsel Anda berarti juga membuka potensi bahaya pada ponsel Anda, belum lagi dengan root berarti garansi Anda hilang atau tidak berlaku, tentunya ini tidak menguntungkan.

Tidak ingin bagian dari ponsel Root lagi? Berikut ada beberapa cara untuk mengembalikan ponsel Anda, atau unroot ponsel anda.

Unroot dengan SuperSU

Banyak pengguna memanfaatkan SuperSU untuk mengelola perangkat yang telah di Root. Mempunyai banyak fitur, di antaranya kemampuan untuk unroot perangkat Anda.

Proses ini sederhana. Hanya membuka aplikasi SuperSU dan ke tab Settings. Gulir ke bawah dan pilih “Full Unroot”. Ikuti petunjuk dan biarkan telepon melakukan hal tersebut. Setelah itu, restart dan Anda telepon akan kembali normal.

Unroot dengan Aplikasi

Tidak menggunakan SuperSU? Ada sedikit kesempatan unroot Ponsel Anda dengan menggunkan aplikasi sederhana. Namun tidak semua perangkat bisa menggunakan aplikasi unroot.

Salah satu pilihan adalah aplikasi Universal Unrood, yang dapat menghilangkan hak akses root pada ponsel Anda dengan mudah. Sayangnya ada banyak kelemahan, seperti beberasa variasi Samsung tidak akan bekerja, karena komplikasi dengan Knox. Perangkat LG akan unrooted, tapi mereka masih akan menunjukkan sebagai root setelah itu, berkat LG eFuse.

Saya mengatakan ini sedikit berjudi, karena harganya $ 0,99,

Unroot menggunakan File Manager

Root mungkin tampak seperti rumit, namun sebenarnya bukan apa-apa kecuali hanya sekelompok file di ponsel Anda. Hapus file-filenya maka root juga akan hilang.

Untuk melakukan ini, Anda akan memerlukan file manager dengan akses root. Bisa menggunakan ES File Explorer (hanya mengaktifkan akses root dalam pengaturan).

  1. Akses drive utama perangkat Anda dan cari “system”. Pilih itu, dan kemudian tekan pada “bin”. Dari sana, hapus “busybox” dan “su”. By the way, ini mungkin tidak ada. Jika itu terjadi, lanjutkan ke langkah berikutnya.
  2. Kembali ke folder sistem dan pilih “xbin”. Jika file yang ada, maju dan hapus kedua “busybox” dan “su”.
  3. Kembali ke folder sistem dan pilih “app”.
  4. Hapus “superuser, apk”.
  5. Restart perangkat dan semua akan dilakukan.
BACA JUGA  5 Trik Google Now yang Harus Kamu Tahu

Unroot dengan menginstal update OTA!

Cara termudah adalah dengan meng-update OS Anda secara OTA (On The Air) atau manual. Jika Anda menggunakan OS terbaru maka Anda haru menunggu updater yg terbaru lagi. Namun ingat sebelumnya hapus aplikasi SuperSU atau aplikasi sejenisnya yang Anda gunakan untuk Rooting. Dan ingat, ini hanya bekerja jika Anda menggunakan stock recovery di perangkat Anda.

 

Itulah cara-cara untuk unRoot ponsel Anda. Ingat bahwa tidak semua orang bisa menggunakan ponsel yang di root dengan baik.

 

Sumber: androidauthority.com

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *