Berita Aplikasi

Tempatnya informasi aplikasi android dan ios terbaru dan terhangat

Bahayanya Menginstal Aplikasi Palsu Pada Ponsel

Bahayanya Menginstal Aplikasi Palsu Pada Ponsel

Seiring dengan banyak sekali berita baru mengenai berbagai macam aplikasi yang memiliki malware, muncul pula berbagai aplikasi palsu atau aplikasi yang tidak resmi. Bahkan peredarannya pun sangat banyak dan semakin meluas di dalam smartphone. Pengguna yang rata-rata awam pun jelas mengunduhnya tanpa mengetahui apakah itu berbahaya untuk seluruh keamanan ponsel maupun kondisi ponsel yang terdapat di dalamnya.

aplikasi palsu

aplikasi palsu

Apa Bahayanya Muncul Aplikasi Palsu Dalam Ponsel

Tanpa pernah disadari oleh para pengguna bahwa mereka seringkali mengunduh dan juga memiliki aplikasi palsu yang tidak resmi dan padahal itu bukan bawaan langsung dan ponselnya. Akibatnya Anda tidak tahu jika sering terdapat adware atau iklan yang sering bermunculan di dalam beberapa link setelah Anda pun mengaktifkan ponsel pintar yang Anda miliki. Mungkin orang awam tidak tahu bagaimana ciri-cirinya bahwa ponsel yang dimiliki sudah terinfeksi dengan adware tersebut. Yang paling mudah untuk dikenal apakah ponsel yang Anda miliki ini sudah terpasang aplikasi tidak resmi adalah apabila Anda menyalakan ponsel itu, maka yang selanjutnya terjadi Anda melihat laman lain.

Anda tidak akan melihat ada halaman pengaturan ponsel awal untuk android seperti koneksi, pengaturan waktu, bahasa dan sebagainya. Mungkin Anda bertanya-tanya mengenai bagaimana hal seperti ini dapat terjadi? Sebenarnya adware ini sangat meresahkan para pengguna ponsel karena membuat pengguna merasa tidak nyaman dalam memainkan dan menggunakan ponsel mereka. Menurut Suryadi Willim yang merupakan Kepala dari Marcomm ATL Evercross, seringkali para pengguna menganggap jika munculnya adware ini disebabkan karena adanya malware atau virus yang telah masuk dan juga terinstall di dalamnya. Tetapi ternyata bukan itu yang menjadi penyebab.

BACA JUGA  Augmented Reality Menjadi Fitur Utama iOS 11

Ternyata setelah dilakukan oleh tim Evercross, rupanya bukan hanya virus saja yang terdapat di dalamnya melainkan terdapat pula oknum tidak bertanggung jawab yang telah melakukan kerja sama dan mereka pun juga mendapatkan bayaran setelah menginstal iklan dari publisher. Bahkan menurut penelitian, aplikasi tersebut sudah terpasang bahkan sebelum ponsel terjual kepada konsumen sehingga kemungkinan hal itu juga bisa terjadi pada ponsel Anda.

Meskipun tidak terlalu menimbulkan bahaya langsung pada performa dan kinerja ponsel, namun tetap saja aplikasi palsu ini mengganggu para pengguna ponsel sebab banyak iklan yang menghalangi.

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *